Management

Management berasal dari kata manage yang bisa diartikan secara langsung dengan kelola atau mengelola. Kata ini berasal dari bahasa Prancis kuno ménagement, yang memiliki arti seni melaksanakan dan mengatur. Manajemen belum memiliki definisi yang mapan dan diterima secara universal.

Mary Parker Follet mendefinisikan manajemen sebagai seni menyelesaikan pekerjaan melalui orang lain. Berarti seorang manajer bertugas mengatur dan mengarahkan orang lain untuk mencapai tujuan organisasi. Ada pula yang mendefinisikan manajemen sebagai proses perencanaan, pengaturan, pemimpinan dan pengendalian anggota organisasi dan penggunaan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan (anonim). Sementara Ricky W. Griffin mendefinisikan manajemen sebagai sebuah proses perencanaan, pengorganisasian, pengkoordinasian, dan pengontrolan sumber daya untuk mencapai sasaran (goals) secara efektif dan efesien.

Efektif berarti bahwa tujuan dapat dicapai sesuai dengan perencanaan, sementara efisien berarti bahwa tugas yang ada dilaksanakan secara benar, terorganisir, dan sesuai dengan jadwal; dalam berbagai bidang seperti industri, pendidikan, kesehatan, bisnis, finansial dan sebagainya.

Dengan kata lain efektif menyangkut tujuan dan efisien menyangkut cara dan lamanya suatu proses mencapai tujuan tersebut.

Efektif juga dapat berarti seberapa cepat anda dapat menyelesaikan suatu tujuan. Contoh kongkritnya adalah jika anda ingin mengirim pesan. Dari sekian banyak alat komunikasi (surat, telegram, email, sms, atau telepon), maka sebaiknya yang dipilih adalah telepon, karena berita bisa langsung diterima oleh orang yang dituju tanpa jeda waktu.

Sedangkan efisien berarti berapa besar biaya yang anda harus anda keluarkan untuk mencapai tujuan anda. Jika menilik kasus di atas, dari berbagai pilihan alat komunikasi tersebut, yang sebaiknya dipakai adalah sms, yang tarifnya paling murah.

Namun, yang paling efektif dan efisien untuk mencapai tujuan kita yaitu mengirim pesan dengan sms, karena pesan berbiaya sangat murah. Dari segi kecepatan juga sangat memadai. Apalagi jika pesan tersebut tidak perlu jawaban. Tujuan pun dapat dicapai dengan cepat dan biaya yang sangat murah.

Dari contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa tujuan manajemen adalah untuk mencapai efektifitas dan efisiensi bagi para manajer.

One thought on “Management

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s