THE ACADEMIC STUDY OF COMMUNICATION

Sejarah perkembangan studi komunikasi dimulai setelah Perang Dunia I yang ditandai adanya penelitian tentang kekuatan media untuk mempengaruhi opini publik. Pada tahun 1930, banyak penelitian tentang efek film, propaganda, persuasi serta group dynamics dalam mempengaruhi masyarakat. Ada juga yang memusatkan penelitian terhadap pendidikan. Pada tengah pertama abad XX periklanan mulai mendominasi. Setelah Perang Dunia II, pengetahuan social diakui sebagai ilmu yang sah dan studi komuikasi menjadi sangat penting.
Dalam studi komunikasi terdapat dua pendekatan yang berbeda. Di Amerika Serikat, peneliti mempelajari komunikasi secara kuantitatif untuk mencapai keobjektivitasan. Di Eropa, penelitian lebih dipengaruhi oleh Marxisme. Kedua perspektif disebut dengan Western.
Perbedaan antara perspektif Asia dan Western (Lawrence Kincaid):


• Western memfokuskan pada bagian-bagian dan tidak menggabungkannya dalam suatu kesatuan. Eastern cenderung memusatkan perhatian pada keseluruhan dan kesatuan.
• Western beranggapan bahwa kreatifitas individu lebih diutamakan dalam komunikasi untuk mencapai tujuan. Eastern berpikir bahwa komunikasi merupakan sesuatu yang tidak direncanakan dan terdapat faktor lain di luar individu yang dapat mempengaruhi pencapaian tujuan.

• Western didominasi oleh bahasa dan menganggap hubungan yang ada terdiri antara dua orang atau lebih, siapapun mereka, tanpa memandang status sosialnya. Eastern lebih didominasi oleh symbol-symbol verbal. Kemampuan berbicara (pidato) diremehkan, menganggap bahwa diam itu lebih baik serta mementingkan peran, status social dan kekuasaan yang dimiliki individu dalam suatu hubungan.
Cara untuk mengerti studi komunikasi secara mendalam:
• Memahami disiplin-disiplin ilmu yang merupakan unsur dari ilmu komunikasi karena sifatnya yang multidisipliner.
• Acapkali melakukan penelitian komunikasi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s