KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU

Definisi Komunikasi Pemasaran Terpadu (KPT)

Terdapat beberapa definisi tentang Komunikasi Pemasaran Terpadu:
•IMC menurut Belch, George E & Belch, Michael A. dalam buku Advertising Management; chapter 3 adalah sebuah konsep dari perencanaan komunikasi pemasaran yang memperkenalkan nilai tambah dari rencana komprehensif yang mengevaluasi peran strategis dari berbagai disiplin komunikasi—misalnya periklanan umum, respon langsung, sales promotion, dan PR—dan mengombinasikan disiplin-disiplin ini untuk memberikan kejelasan, konsistensi dan dampak komunikasi yang maksimal.
•Koordinasi antara marketing dan promotional tools agar dapat mengkomunikasikan produk (barang dan jasa) secara efektif dan merepresentasikan image dari produk (barang dan jasa) kepada target pasar.
•Merupakan upaya perusahaan memadukan dan mengkoordinasikan semua saluran komunikasi untuk menyampaikan pesannya secara jelas, konsisten dan berpengaruh kuat tentang organisasi dan produk-produknya
Dari ketiga definisi diatas dapat kita simpulkan bahwa Komunikasi Pemasaran Terpadu merupakan suatu konsep perencanaan pemasaran yang melibatkan seluruh bentuk-bentuk komunikasi agar dapat mempengaruhi target pasar.


Ciri-ciri utama Komunikasi Pemasaran Terpadu (KPT) 

1.Mempengaruhi perilaku
Tujuan KPT adalah untuk mempengaruhi perilaku khalayak sasarannya. Karena itu, komunikasi pemasaran tidak hanya digunakan untuk mempengaruhi kesadaran khalayak atas sebuah merek tapi juga mampu menggerakkan orang untuk bertindak.

2.Berawal dari pelanggan dan calon pelanggan
Dalam KPT, penggunaan strategi komunikasi pemasarannya didasarkan pada kebutuhan pelanggan dan calon pelanggan. Oleh karena itu, perlu adanya riset untuk mengetahui keinginan pasar sehingga mampu menyusun metode pemasaran yang tepat dan efektif.

3.Menggunakan satu atau segala cara untuk melakukan “kontak”
KPT menggunakan seluruh bentuk komunikasi yang dapat menghubungkan merek atau perusahaan dengan pelanggan atau calon pelanggan. Seluruh bentuk Komunikasi (misalnya iklan, PR, jaringan distribusi, sales promotion, atau direct marketing) merupakan alat penyampaian pesan yang potensial supaya terjadi kontak atau hubungan antara perusahaan dan pelanggan.

4.Berusaha Menciptakan Sinergi
Supaya perencanaan pemasaran dapat berjalan dengan baik diperlukan kesinambungan atau koordinasi antara semua elemen komunikasi (iklan, tempat pembelian, promosi penjualan, event, dan lain-lain). Hal ini bertujuan untuk mengahasilkan citra merek yang kuat sehingga mampu menggerakkan konsumen.

5.Menjalin hubungan
Komunikasi pemasaran yang sukses membutuhkan terjadinya hubungan antara merek dengan pelanggannya. Dengan adanya hubungan tersebut diharapkan mampu menjadi pengait antara merek dengan konsumen untuk membangkitkan loyalitas konsumen terhadap merek.

Pentingnya Pengembangan Komunikasi Pemasaran Terpadu

•Membentuk identitas merek yang kuat di pasar dan memperkuat semua citra dan pesan komunikasi perusaahaan.
•Membantu perusahaan mengidentifikasi metode yang paling tepat dan efektif untuk mengkomunikasikan dan membangun hubungan dengan customer mereka termasuk dengan para stakeholder (supplier, investor, karyawan,dll).
•Dengan mengkoordinasikan bentuk-bentuk komunikasi marketing perusahaan bisa menghindari duplikasi, yaitu pengulangan metode yang sama.
•Meningkatkan efisiensi dan efektivitas program komunikasi marketing.
•Mengkoordinasikan semua pesan, positioning dan citra, serta identitas perusahaan melalui semua bentuk komunikasi pemasaran.
•Adanya hubungan yang lebih erat antara perusahaan (melalui produk) dengan para konsumennya.

Peran Promosi

•Sebagai alat penyebaran informasi tentang suatu produk dari perusahaan ke masyarakat
•Promosi memiliki kemampuan untuk menggugah minat semua orang yang menjadi target sasaran tergerak untuk melakukan pembelian
•Tercapainya Informasi dan pengaruh yang diinginkan dari pelaksanaan strategi promosi yang dilakukan oleh suatu perusahaan.

The Promotional Mix

Promotional mix merupakan gabungan dari berbagai jenis alat promosi yang ada untuk suatu produk yang sama agar hasil dari kegiatan promosi yang dilakukan dapat memberikan hasil yang maksimal. Promotional mix meliputi :
1.Advertising
2.Direct Marketing
3.Interactive/ internet marketing
4.Sales promotion
5.Publicity/ Public Relations
6.Personal selling

Hambatan Penerapan Komunikasi Pemasaran Terpadu

Komunikasi Pemasaran Terpadu memang memiliki banyak kelebihan. Namun, hal ini tidak berarti banyak perusahaan lantas dengan mudahnya berubah dari pemasaran tradisional (perusahaan mengembangkan barang atau jasa serta membuat rencana untuk menciptakan permintaan) ke pemasaran terpadu (membuat rencana berdasarkan kebutuhan target pasar). Hal ini disebabkan beberapa factor:
•Masih banyak perusahaan yang enggan berbagi informasi
•Pada umumnya, tiap-tiap departemen di suatu perusahaan berhak membuat anggaran sendiri. Bila departemen bekerja menurut tujuan bersama, masih ada ketakutan hal itu dapat menimbulkan efek negatif terhadap anggaran.
•Adanya kecenderungan untuk enggan berubah karena tidak familiar dengan hal-hal baru dan sudah merasa nyaman dengan konsep yang ada.

Proses Perencanaan Promosi

Proses perencanaan promosi meliputi 7 tahap, yaitu:

1.Review of the Marketing Plan
Pada tahap ini yang perlu dilakukan adalah me-review perencanaan marketing dan sasaran marketnya. Isi dari dari perencaan marketing yaitu:
•Analisis detail, mengenai situasi internal dan eksternal dari persaingan pasar dan factor-faktor dari lingkungan
•Sasaran spesifik marketing, untuk menentukan tujuan pemasaran, waktu untuk pemasaran, dan mekanisme untuk mengukur daya guna
•Strategi pemasaran dan progam, meliputi proses seleksi target pasar dan keputusan serta rencana untuk 4 element dari marketing mix.
•Program untuk mengimplementasikan strategi pemasaran, meliputi penentuan hasil yang berguna dan dapat dipertanggungjawabkan.
•Proses pengawasan dan evaluasi produk serta adanya feedback yang dapat dipertahankan dan perubahan penting yang dapat digunakan pada keseluruhan strategi pemasaran.

2.Promotional Program Situation Analysis
Setelah semua perencanaan pemasaran di-review, tahap selanjutnya adalah mengarahkan analisis situasi. Fokus dari tahap ini ada pada factor yang mempengaruhi atau relevan dengan pengembangan strategi promosi yang meliputi analisis kondisi internal dan eksternal.

3.Analysis of Communication Process
Fokus pada tahap ini adalah bagaimana sebuah perusahaan dapat secara efektif berkomunikasi dengan konsumen sebagai target marketnya.

4.Budget Determination
Pada tahap ini, perusahaan perlu menentukan budget untuk melakukan kegiatan promosi. Yang perlu diperhatikan adalah berapa besar biaya yang akan dihabiskan untuk promosi dan bagaimana budget itu dialokasikan.

5.Developing the Integrated Marketing Communication
Di tahap ini, keputusan harus dibuat berdasarkan peran dan kepentingan dari setiap elemen komunikasi dan koordinasi antar elemen tersebut dengan elemen lainnya.

6.Monitor, Evaluate, and Control
Tahap ini merupakan tahap yang penting untuk menentukan seberapa bagus program promosi dapat menentukan sasaran komunikasi dan membantu perusahaan dalam mencapai keseluruhan tujuan marketing dan sasarannya.

Daftar pustaka
Belch, George E & Belch, Michael A, 2004, Advertising and Promotion: An Intergrated Marketing Communication Perspective, the McGraw-Hill Companies
Definisi/Pengertian Promosi, Fungsi/Tujuan & Bauran Promosi / Promotional Mix Produk. http://www.organisasi.org
Integrated Marketing Communication. forum.asiaberjangka.co.id
KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU (INTEGRATED MARKETING COMMUNICATION). kili.multiply.com/journal/item/11
Prihanto, Budi. STRATEGI PROMOSI DALAM MEMBANGUN KOMUNIKASI PEMASARAN EFEKTIF: Studi Pada Departemen Penjualan dan Promosi PT. Sinar Makropesona Sejahtera Cabang Malang
Terence A. Shimp. Periklanan dan Promosi, edisi 5 jilid 1.Erlangga

About these ads

2 thoughts on “KOMUNIKASI PEMASARAN TERPADU

  1. Ping-balik: RENCANA PERIKLANAN DAN STRATEGI INFORMASI | Marketing Communication

  2. Ping-balik: RENCANA PEIKLRANAN DAN STRATEGI INFORMASI | ahmadsuparno

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s